Rumah Sakit Permata Cirebon: Gejala dan Pantangan untuk Osteoarthritis

Osteoarthritis yang terjadi pada lutut merupakan radang sendi yang terjadi karena bantalan pada bagian sendi dan tulang rawan menjadi tipis. Hal ini karena tulang sendi mengalami pergeseran yang mengakibatkan berkurangnya kemampuan tulang rawan dalam menyerap. Nyeri lutut ini biasanya terjadi 13% wanita dan 10% pria yang telah memasuki usia 60 tahun dan jenis nyerinya adalah simptomatik karena penuaan dan obesitas. Gejala umum yang ditimbulkan adalah nyeri, kekakuan yang dirasakan saat istirahat, krepitus, pembengkakan keras dan lunak. Gejala lainnya dapat dirasakan seperti lutut menjadi lemah maupun tidak dapat digerakkan dan lutut menjadi bengkok, jika mengalami gejala ini maka segera kunjungi Rumah Sakit Permata Cirebon.

Rumah Sakit Permata Cirebon: Gejala dan Pantangan untuk Osteoarthritis

Berikut adalah penyebab terjadinya nyeri lutut:

  • Cedera, seperti robekan ligamen yang terjadi jika kecelakaan dan cedera olahraga yang akan bertambah parah jika melakukan tekanan atau beban, pendarahan terjadi dalam lutut yang membuat lutut retak, terasa panas maupun bengkak dan memar, patah tulang yang terasa tidak tertahankan dan merusak jaringan halus pada lutut.
  • Arthritis, seperti rematik yang disebabkan terjadinya peradangan yang menyerang sistem imun dan jaringan dalam tubuh sehingga terasa kaku dan panas, lupus merupakan kondisi yang menyebabkan sakit dan kesulitan bernapas secara normal, asam urat yang memicu radang sendi berupa bentukan kristal mulai dari lutut hingga menyebar menuju sendi lainnya.

Selain itu, dapat disebabkan baker cyst yang membuat ketidaknyamanan dan rasa sakit diikuti dengan memar dan pembengkakan. Osgood Schaltter dengan cedera ketika lutut belum dapat berkembang dengan baik sehingga akan memberikan rasa nyeri dan iritasi terutama jika sering berolahraga bola yang cukup berat. Dapat juga terjadi karena infeksi pada tulang yang disebabkan oleh bakteri maupun jamur, biasanya diikuti dengan rasa panas dan dingin, demam maupun pembengkakan pada bagian lutut. Infeksi pada sendi yang terjadi karena bakteri maupun jamur ketiak cedera dan operasi.

Berikut adalah pantangan untuk penyakit nyeri lutut:

  • Makanan maupun minuman bergula yang dapat membuat sitokin sehingga akan membawa sinyal peradangan dan menimbulkan reaksi radang dan persendian menjadi tegang dan lemah, sehingga gunakan penggantinya yaitu madu.
  • Makanan mengandung banyak garam akan menyebabkan kadar natrium menahan air dan memperbesar resiko rusaknya sendi, untuk itu kurangi penggunaan garam dengan menggantinya menggunakan bawang putih, lada maupun jeruk nipis.
  • Makanan dengan lemak jenuh tinggi seperti yang terdapat pada makanan junk food akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh dan membuat peradangan semakin parah maka sebaiknya ganti minyak menjadi minyak zaitun maupun minyak jagung.

Selain itu, hindari makanan dengan asam lemak omega 6 yang berlebih karena akan membuat peradangan sendi semakin parah dan biasanya asam lemak ini terdapat pada daging merah maupun kuning telur. Begitu juga dengan mengonsumsi susu akan memicu timbulnya nyeri pada sendi. Jika reaksi muncul maka sebaiknya menggantinya dengan mengonsumsi susu almond atau susu kedelai yang lebih aman untuk kesehatan.

Rumah Sakit Permata Cirebon menyarankan untuk menaikkan kaki lurus ketika mengalami cidera pada lutut dengan posisi badan terlentang di lantai. Melakukan hamstring curls dengan cara mengangkat kaki dengan bokong lalu menahan posisi hingga 15 kali. Posisi jinjit akan membantu rasa nyeri berkurang dengan berpegangan pada kursi lalu jinjit setingginya. Melakukan lunge dengan menaruh kaki bagian belakang selebar bahu lalu menurunkan kaki hingga bagian depan menyentuh lantai dan melakukan hip abduction.