Sama Bahayanya dengan Leukimia, Inilah Kanker Darah Multiple Myeloma

Berbicara mengenai penyakit kanker, seperti halnya momok yang sangat menakutkan sekali bagi setiap orang. Dimana itu merupakan masalah kesehatan yang sering membuat pasien akhirnya kehilangan nyawa, terlepas dari hidup dan mati milik sang pencipta. Apalagi perlu Anda ketahui, bahwa ada banyak sekali jenis kanker yang dikenal secara umum. Seperti Multiple Myeloma atau lebih sering disebut dengan Myeloma. Itu merupakan salah satu jenis kanker darah yang cukup berbahaya sekali, meskipun di Indonesia jenis tersebut masih cukup jarang ditemukan dari pada kanker lainnya.

Sama Bahayanya dengan Leukimia, Inilah Kanker Darah Multiple Myeloma

Myeloma merupakan kanker sel plasma yang umumnya ditemukan pada bagian sumsum tulang manusia. Jadi sel plasma tersebut membantu tubuh untuk melakukan penyerangan dan melawan infeksi yang ada. Tidak kalah berbahayanya dengan kanker yang lain, ini menjadi salah satu penyakit yang perlu untuk selalu diwaspadai. Sebelum lebih jauh, Anda perlu paham pula beberapa fakta dari jenis kanker tersebut seperti:

  1. Penyebabnya.
Tidak berbeda jauh dengan jenis kanker yang lainnya, myeloma merupakan salah satu kanker yang sampai dengan saat ini masih belum diketahui seperti apa penyebabnya. Tetapi telah banyak peneliti yang mengatakan jika itu terjadi akibat adanya perubahan DNA yang membuat sel plasma menjadi sel kanker. Pertumbuhan tersebut berubah menjadi tumor yang dapat mengganggu fungsi organ tubuh yang lainnya.

  1. Lebih sering pada pria.
Fakta yang kedua ini cukup mencengangkan sekali, ketika kanker rahim lebih identik dengan wanita tetapi ini sebaliknya. Ya, yang termasuk jenis kanker darah ini lebih sering menjerat para pria. Bahkan dari penelitian dikatakan hampir 52 persen pria mengalami Multiple Myeloma tersebut. Umumnya memang terjadi pada mereka yang sudah dewasa berusia 60 tahunan keatas.

  1. Diawal gejala tidak dikenal.
Inilah yang membuat banyak orang tertipu, dimana kanker darah tersebut sangat sulit terdeteksi apalagi pada saat awal. Tidak sama dengan jenis kanker yang lain, kanker darah yang satu ini tidak menunjukkan gejala yang berbeda. Tetapi ketika sudah berkembang, barulah hal aneh terlihat seperti masalah pada bagian tulang, mudah lelah, masalah pada ginjal, jumlah darah yang rendah sampai dengan sering mengalami infeksi.

  1. Bisa diobati tetapi tidak total.
Pernah melihat orang yang mengalami kanker bisa sembuh secara total? Hal itu mungkin bisa terjadi tetapi sangat jarang sekali. Hal yang sama terjadi pada jenis kanker darah yang satu ini, dimana para medis mengatakan bisa mengobati tetapi tidak bisa menyembuhkan secara total. Jika sudah seperti itu pasti akan membuat pasien yang mengalami merasa drop.

Pada dasarnya dalam dunia kedokteran ada banyak jenis kanker darah yang bisa Anda kenal dengan baik. Masing-masing mempunyai karakteristik berbeda dengan cara penanganan atau gejala muncul berbeda pula. Tetapi sebagai orang awal ternyata sulit untuk mendeteksi seperti apa yang terjadi pada tubuh. Mulai dirasakan jika kanker tersebut menyebar pada seluruh tubuh dan stadium lanjut, bukan saja mengkhawatirkan tetapi menakutkan.

Tidak sedikit nyawa orang di Indonesia harus melayang akibat masalah kanker yang dinilai cukup berbahaya. Sebelumnya perlu Anda pahami, selain dari pola hidup yang kurang sehat berbagai masalah kesehatan seperti Multiple Myeloma juga dipengaruhi oleh faktor pemicu lainnya seperti usia, jenis kelamin, riwayat keluarga dan masih banyak lagi lainnya. Makanya jika sedikit saja ada hal yang aneh dalam tubuh Anda bisa langsung segera lakukan pemeriksaan sebelum semuanya terlambat.