3 Bagian Mesin Jahit Portable yang Wajib Anda Tahu!

Saat ini mesin jahit tersedia dalam berbagai jenis atau tipe sehingga memudahkan masyarakat yang ingin belajar menjahit. Salah satunya adalah mesin jahit dengan jenis portable. Mesin jahit ini tersedia dalam berbagai macam ukuran dari yang kecil sampai dengan berat. Uniknya lagi mesin jahit ini mudah dibawa atau dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya karena sifatnya yang portable, bahkan beberapa diantaranya dilengkapi dengan fitur menjahit yang lengkap. Untuk bisa menggunakannya dengan baik Anda harus tahu bagian-bagian dari mesin jahit portable tersebut, seperti berikut ini:

3 Bagian Mesin Jahit Portable yang Wajib Anda Tahu!

Benang

Benang menjadi kebutuhan dasar yang diperlukan saat menjahit. Pada mesin jahit jenis portable ada beberapa bagian yang berhubungan dengan benang seperti berikut ini:
1.      Spool pin
Bagian ini sebagai tempat untuk bisa menaruh gulungan benang yang mana digunakan saat kegiatan menjahit tersebut berlangsung.
2.      Spool thread
Sebelum ke proses selanjutnya harus melalui bagian ini terlebih dahulu yaitu menarik benang sebelum dimasukkan ke bagian tuas benang atas.
3.      Threat take-up
Bagian ini disebut juga dengan tuas benang atas. Sebelum benang dimasukkan ke bagian selanjutnya harus dimasukkan ke tuas benang atas terlebih dahulu. Setelah masuk ke tuas benang atas ini Anda harus memasukkannya ke dalam thread guide benang. Memang proses di bagian thread guide inilah yang rumit terutama bagi pemula. Salah memasukkan benang di bagian ini akan membuat hasil jahitan menjadi tidak rapi.

Jarum

Benang dan jarum bagaikan dua sisi yang tidak boleh dipisahkan dalam menjahit. Tanpa jarum menjahit tidak akan bisa dilakukan begitu pula jika tanpa benang. Khusus jarum pada mesin jahit portable ini sama dengan mesin jahit lainnya dimana disesuaikan dengan bahan yang dijahit. Contohnya saja adalah jarum angka 9 untuk jersey, 11 sampai 13 untuk kaus. Yang harus diperhatikan di sini adalah jenis jarumnya. Untuk mesin jahit portabel jenisnya adalah HA yang mana juga cocok untuk mesin bordir portable.

Bagian Penting Lainnya

Selain benang dan jarum ada bagian mesin jahit jenis portable yang penting lainnya untuk diketahui seperti sepatu mesin jahit, gigi mesin jahit, rumah sekoci, bobbin sekoci, sepul, dan roda keseimbangan. Selain itu yang harus diperhatikan saat menggunakan mesin jahit jenis portabel adalah bagian pengatur lebar, panjang jahitan dan juga pengunci jahitan. Anda harus mengatur ketiga bagian tersebut dengan benar supaya hasil jahitan baik dan rapi.

Demikianlah bagian-bagian mesin jahit portable yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.