5 Kebiasaan Baik untuk Mengatasi Otot Dasar Panggul yang Melemah

Menjaga kesehatan otot panggul tanyaconfidence memang sangat penting agar tidak menyebabkan masalah kesehatan menahun. Ketika otot panggul ini sudah melemah karena berbagai sebab maka akan mempengaruhi kemampuan berkemih Anda. Awalnya Anda bisa menahan pipis sehingga bisa berjalan santai menuju kamar mandi saat keinginan untuk pipis muncul. Namun ketika otot-otot di area panggul ini sudah lemah besar kemungkinan akan mudah mengompol, maka mesti diwaspadai agar tak memakai pampers setiap hari.

5 Kebiasaan Baik untuk Mengatasi Otot Dasar Panggul yang Melemah

Tindakan yang Mempercepat Penyembuhan Otot Panggul 

Menguatkan otot panggul yang tadinya lemah memang masih bisa dilakukan, salah satunya dengan rutin melakukan senam kegel. Supaya penyembuhan lebih cepat dan hasilnya maksimal Anda juga perlu mengimbanginya dengan beberapa hal ini:

1. Bijak membagi beban saat mengangkat barang berat,
Pekerjaan adalah sumber rezeki saat sakit karena pekerjaan tersebut beberapa orang bisa memutuskan melepasnya, namun ada yang tetap bertahan karena tak ada pilihan lain. Jika pekerjaan Anda memang akrab dengan kegiatan mengangkat barang berat usahakan cermat membagi beban tersebut. Ganti posisi memanggul menjadi digendong di samping dan sebaliknya, kemudian atur supaya tidak mengangkat terus-menerus.

2. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran,
Menyerap nutrisi sebanyak mungkin membantu memperbaiki kesehatan tubuh dan sistem di dalamnya akan ikut membaik. Asalkan Anda menyantap makanan yang benar maka pencernaan lancar dan berpotensi menjaga otot panggul tetap sehat. proses penyembuhan pun berjalan lebih baik bahkan tidak menutup kemungkinan menjadi lebih cepat. Usahakan memilih sayur dan buah segar yang diolah menjadi aneka menu agar tak bosan dan nutrisinya terjaga.

3. Perbanyak minum air putih,
Kebiasaan pipis akan terganggu jika Anda kurang minum sebab saat dehidrasi air pipis akan menjadi sangat kuning. Jika bercampur dengan tubuh yang lelah maka bisa menjadi kemerahan dan terasa sakit. Maka untuk proses penyembuhan otot panggul yang tadinya melemah usahakan minum air lebih banyak, minimal 1.5 liter sehari. Usahakan air putih agar sehat dan baik bagi ginjal sehingga membantu kegiatan berkemih menjadi lancar dan memperbaiki metabolisme tubuh.

4. Menjaga berat badan,
Tekanan pada otot panggul membuatnya mudah lemah meski dibantu dengan obat-obatan jika tekanan ini terus ada maka susah sembuh. Penting bagi Anda yang bermasalah dengan otot panggul dan kebetulan juga obesitas baiknya menjalani diet. Semakin turun berat badan Anda maka semakin turun pula tekanan pada otot panggul sehingga tidak mudah beser ataupun mengompol. Diet yang dijalani baiknya diet sehat sehingga tidak menyebabkan masalah kesehatan baru jika minum obat diet.

5. Hindari mengejan saat buang air besar,
Terbiasa mengejan saat buang air besar juga menghambat proses penyembuhan otot panggul yang melemah. Kecuali Anda sudah lansia dan kecil kemungkinan untuk bisa sembuh, maka sebaiknya menghindari kebiasaan tersebut. Mengejan membuat tekanan pada otot panggul menjadi meningkat sehingga membuatnya menjadi lemah. Usahakan untuk tidak mengejan, jika sembelit hindari dengan minum air putih sebanyak mungkin dan konsumsi serat sebanyak mungkin.

Otot panggul yang lemah memang tidak mudah dikembalikan lagi ke kondisi semula, namun jika rutin dilatih akan memberi kemudahan untuk sembuh. Apalagi jika usia Anda masih terbilang muda selain senam kegel maupun konsumsi obat-obatan. Anda baiknya melakukan kebiasaan di atas sehingga bisa mendapatkan otot dasar panggul yang kembali baik, Anda pun tidak perlu memakai pampers setiap hari serta bisa beraktivitas dengan nyaman.