Cara-Cara Terbaik Merawat Kulkas agar Awet sampai 15 Tahun


Tahukah Anda, ternyata kulkas memiliki batas pakai maksimal 15 tahun? Jika melebihi batas waktu tersebut, kinerjanya terus menurun. Selain itu, saat dipaksakan untuk beroperasi tanpa mendapat bantuan dari jasa service kulkas Jakarta Barat, bisa memicu boros listrik. Terkecuali Anda menerapkan cara-cara terbaik berikut saat merawatnya.

Cara-Cara Terbaik Merawat Kulkas agar Awet sampai 15 Tahun

Rutin Dibersihkan Tiap Pekan
Bagi orang yang memiliki aktivitas bejibun di luar rumah sehingga merasa sangat lelah saat sampai di rumah serta enggan untuk membersihkannya pada akhir pekan, pekerjaan membersihkan kulkas memang terasa berat. Tapi, hal ini tetap harus Anda lakukan jika ingin kulkas awet dan kinerja optimalnya melebihi waktu 15 tahun.

Sebenarnya, pekerjaan membersihkan kulkas akan terasa ringan jika Anda melakukan perawatan setiap hari. Anda hanya perlu mencegah tumpahnya bahan makanan di dalam kulkas, seperti susu cair, saus, kecap, serta mengeluarkan sayuran atau bahan makanan lainnya sebelum memasuki masa basi, layu, atau berjamur.

Menormalkan Suhu secara Berkala
Sesering apapun Anda membuat es batu atau membekukan daging agar awet sampai beberapa bulan, sebaiknya luangkan waktu secara berkala untuk menormalkan kembali suhunya dari minus menjadi 00C. Cara ini sangat penting untuk Anda lakukan jika sudah terdapat banyak bunga es di dalam freezer.

Lantas, apa yang harus dilakukan setelah ini? Anda bisa dengan mudah mengambil sisanya yang belum mencair. Bersihkan juga bagian laci dan rak-rak di dalamnya. Setelah itu, dinginkan kembali freezer dan masukkan bahan makanan baru yang memerlukan suhu dingin untuk menjaga kandungan nutrisinya sebelum masuk meja dapur.

Membersihkan Debu di Luar Kulkas
Selain bagian dalam, kulkas bagian luar juga perlu mendapatkan perawatan rutin dengan cara membersihkan debu di sekitarnya. Bersihkan bagian atasnya dengan kemonceng setiap hari. Sedangkan untuk noda yang menempel dan sulit dibersihkan dengan kemonceng, lap dengan kain yang telah dibasahi campuran air hangat dan sabun cuci piring.

Layanan jasa dan service kulkas Jakarta Barat juga bisa dipilih untuk melakukan perawatan terbaik bagi kulkas Anda. Layanan ini bisa Anda peroleh dengan menghubungi Sejasa di sejasa.com.

Membuka Kulkas saat Dibutuhkan
Banyak orang yang sering mengambil air dingin dari dalam kulkas, kemudian langsung meminumnya dengan kondisi kulkas yang masih dalam keadaan terbuka. Tanpa disadari, tindakan ini mendorong pada perilaku boros energi yang selanjutnya berbanding lurus dengan makin pendeknya usia pemakaian kulkas.

Setiap kali kulkas dibuka, banyak energi dingin yang ke luar. Seharusnya, suhu dingin ini diperuntukkan bagi bahan makanan yang berada di dalam kulkas. Tapi, justru terbuang percuma karena mengalir ke luar kulkas.

Jadi, sebaiknya ambil botol minum dari dalam kulkas, tutup pintu kulkasnya, lalu tuang airnya ke dalam gelas. Setelah memastikan sudah tidak haus lagi, segera masukkan kembali botol minuman tersebut dan akan lebih baik jika Anda kembali mengisinya sampai penuh.

Tidak Memubazirkan Makanan
Menyegerakan untuk mengolah makanan yang masih segar bukan hanya mampu menjaga keutuhan nutrisinya saat akan dikonsumsi, tapi juga mempengaruhi ketahanan kulkas. Karena dengan cara ini, kulkas senantiasa terhindar dari noda jamur atau bau busuk dari sayuran yang terlalu lama di dalam kulkas.

Kemudian, jika terlanjur ada bahan makanan kemasan yang melewati masa kedaluarsa, sebaiknya segera buang. Makanan kedaluarsa bisa mencemari bahan makanan lain yang kondisinya masih fresh serta memicu bau tidak sedap.

Bagaimana jika terlanjur salah dalam melakukan perawatan AC tapi ingin usia pemakaiannya tetap panjang? Bagaimana juga jika tidak ada waktu luang untuk membersihkan dan melakukan perwatan rutin? Jawaban untuk kedua pertanyaan ini adalah menyerahkan pada ahlinya, yaitu service kulkas Jakarta Barat yang bisa Anda hubungi dengan perantara Sejasa.

0 komentar:

Posting Komentar