5 Jenis Usaha Rintisan dengan Profit Menggiurkan setelah Lulus S1


Tidak sedikit lulusan S1 yang khawatir dengan minimnya lowongan pekerjaan. Apalagi jadwal CPNS tahun ini pun telah diundur beberapa kali. Sebenarnya, Anda bisa membuat usaha rintasan yang modalnya bisa diperoleh dengan cara pinjam uang online. Nah, untuk jenis usahanya sendiri, berikut 5 di antaranya yang menjanjikan profit menggiurkan.

1. Usaha Event Organizer

Usaha ini memberi peluang sangat luas untuk Anda meraih profit tinggi. Apalagi event organizer (EO) ini termasuk usaha yang tidak ada matinya. Salah satunya adalah EO khusus acara pernikahan (wedding organizer). Meski para orang tua masih ada yang memilih ‘hari baik’, Anda tentu sepakat jika acara pernikahan tidak mengenal musim.

Kemudian, saat menjalankan usaha ini, ada satu hal yang perlu Anda ingat, yaitu jaga kepercayaan klien. Karena bisa dipastikan, mengingat zaman yang membuat hampir semua orang memiliki akun media sosial ini, mereka tidak akan segan memberi ‘testimoni’ di beranda medsosnya. Hal ini jelas mempengaruhi kualitas Anda di mata masyarakat.

2. Berternak dan Bertani

Sebagian kecil orang menganggap bidang usaha ini, baik itu berternak ayam, kambing, sapi, lele, dan lainnya tidak harus sekolah tinggi. Anggapan ini memang tidak sepenuhnya salah karena berternak dan bertani bisa dipelajari dari buku, orang tua, hingga petani dan peternak yang tinggal di dekat rumah Anda.

Tapi, dengan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah, tidak menutup kemungkinan bagi Anda membuat inovasi sehingga menghasilkan bibit tanaman unggul, obat yang aman untuk menghindari hewan ternak dari virus tertentu, dan sebagainya. Sementara dananya bisa Anda peroleh dengan pinjam uang online yang syarat-syaratnya termasuk mudah.

3. Jual Beli secara Online

Saat ini, jual beli online menjadi salah satu alternatif menarik bagi orang yang sibuk. Baik untuk pembeli yang tidak sempat belanja offline maupun untuk penjual yang ingin memperluas pangsa pasarnya. Nah, Anda bisa berperan menjadi penjual dan pembeli sekaligus. Beli barang diskon lalu jual dengan harga normal tentu sangat menguntungkan.

Sebagai pembeli, Anda juga bisa meraih promo menarik berupa cashback, diskon, gratis ongkos kirim, dan sebagainya. Sedangkan sebagai penjual, Anda juga bisa meraih profit besar dari selisih harga beli dan jual.

Jika Anda pandai mengamati pasar, Anda bisa memasang harga lebih murah, cepat laku, dan tetap untung. Dengan demikian, Anda bisa segera menembalikan modal dari pinjam uang online dan mengajukan pinjaman berikutnya saat butuh modal lagi.

4. Service Perangkat Elektronik

Dana usaha hasil pinjam uang online juga bisa Anda gunakan untuk membuka counter atau kios yang menawarkan jasa perbaikan. Contohnya service TV, AC, komputer (termasuk laptop dan notebeook), dan lainnya.
Usaha satu ini sangat cocok untuk Anda yang mengambil jurusan teknik. Ilmu yang Anda peroleh pun bisa langsung diaplikasikan dalam kehidupan nyata, menjadi sumber penghasilan utama, serta membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

5. Industri Kreatif

Sulit menemukan pekerjaan yang sesuai dengan background pendidikn sekaligus hal yang mnejadi passion Anda? Industri kreatif termasuk bidang usaha yang menjanjikan profit besar jika Anda menggelutinya dengan baik.

Meski sebenarnya bakat dan hobilah yang menjadi modal utama, setidaknya pendidikan yang Anda ambil selama 3-4 tahun tetap bermanfaat. Karena ada beberapa ilmu terapan penting yang hanya bisa Anda peroleh di bangku kuliah.

Jadi, dengan modal pinjam uang online, Anda bisa membuka usaha bidang kuliner, desain baju atau interior rumah, hingga barang daur ulang. Anda tentu sependapat jika pekerjaan yang paling menyenangkan dan jarang membuat stres adalah hobi yang dibayar.

Jadi, dengan pinjam uang online, tidak ada lagi alasan untuk merintis usaha-usaha tersebut. Meski pengalaman Anda masih dianggap belum memadai, Anda bisa merekrut orang-orang yang berpengalaman, terpercaya serta memiliki visi yang sama dalam berbisnis. Ciptakan juga suasana kekeluargaan dengan menjadikan mereka rekanan dan bukan bawahan.